Dosen STIKES Muhammadiyah Ciamis (Mucis), Metty Nurherliyany, membuat aplikasi untuk membantu ibu hamil dan bidan. Aplikasi bernama Fe-MNHY ini berbasis android dengan harapan dapat mencegah anemia pada ibu hamil dengan melakukan pemantauan dalam mengonsumsi tablet Fe (zat besi).

“Kalau nama Fe-MNHY merupakan singkatan dari Fe Metty Nurherliyany,” ucap mahasiswi S-2 Kebidanan Terapan STIKES Dharma Husada Bandung ini, dikutip dari Kapol.id., Rabu (22/09/2021).

Ia mengatakan, aplikasi ini bisa memberikan solusi bagi dunia kesehatan terutama untuk ibu hamil dan bidan. Program dirancang untuk memantau konsumsi tablet Fe yang digunakan oleh bidan dengan pasien ibu hamil.

“Fungsi dasar aplikasi ini untuk membantu pasien sebagai pengingat dalam mengonsumsi tablet Fe yang disampaikan oleh bidan. Sehingga meningkatkan kedisiplinan pasien mengonsumsi obat yang dimonitoring langsung oleh tenaga kesehatan,” terangnya.

Pasalnya, jika seorang ibu hamil mengalami kekurangan zat besi dan mengalami anemoa dapat meningkatkan risiko kehamilan.

“Seperti kelahiran premature dan bayi lahir dengan berat badan rendah,” kata Metty yang tinggal di Jalan Buninagara, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya, ini.

Selain itu, terdapat juga fasilitas bagi ibu hamil dengan bidan bisa melakukan interaksi dan komunikasi melalui layanan chatting, layaknya WhatsApp.

“Bisa chatting juga untuk konsultasi kesehatan. Ada juga beberapa fitur tentang pendidikan kesehatan ibu hamil. Bisa juga mengecek kadar HB ibu hamil, grafik peningkatan maupun berat badan, dan grafik kepatuhan,” jelasnya.