Empat Pilar Hidup Teladan Keluarga Ibrahim as

  • Whatsapp

 

 

 

Idul Adha 1445 H di PC Muhammadiyah Leles pada Senin(17/6) di halaman Komplek perumahan Qiryab Thoyyibah, dengan khatib H. Aep Saefurohman dari PDM Garut Majelis Tablig.

Aef Saefurahman dalam ceramahnya menayampaikan bahwa hari raya ini Ibadah berbarengan dengan para haji yg melaksanakan hari kemarin. Disini juga melaksanakan hari raya iedl dan qurban, hari tasyrik.tujuannya sama. Mendekatkan diri kepada Allah.
Selanjutnya khatib menyampaikan tema 4 prinsip hidup secara pribadi dari teladan keluarga Ibrahim as.



1. Berdoa. Kepada Allah. Betul-betul butuh bantuan dari Allah. Kita amat memerlukan Allah. Contoh Ibrahim as. Dia minta negeri yang aman. Ibrahim:35. Selain aman diberi rezeki yg cukup. (Qs. 2:126). Dia amat penting ibrahim. Menuhankan Allah, tidak menyekutukannya. Nikmat dikeluarkannya dari kemusyrikan. Iman amat orinsip, kemerdekaan jiwa kcuali terbelenggu kpd allah. Iman kekuatan jiwa. Tdk lupa diri. Iman ketenangan jiwa. Pasti ada jalan keluar dr problem hdup.

2.semangat berusaha. Sesulit apapun peluang. Siti hajar tlah mmbuktikan. Lambang sai dalam haji. Itulah usaha. Jangan sampai mengkhianati doa. Berdoa sehat tdk konsumsi yg sehat. Mnta rezeki tdk usaha.. Tidak demikian. Siti Hajar contoh usaha mencari rezeki. Pendidikan anak tetap di perhatikan juga. Sehingga anaknya jadi soleh. Bangunan bibir ismail/pangkuan ismail. Menjemput rezeki. Hadits nabi SAW. Alalh suka suka yg berkarya dan tampil barangsiapa usaha susah payah untuk kelurganya serupa dengan mujahid di jalan Allah (Hr. Ahmad).

3.hati yg bersih dan tajam. Seperti badan. Hati bisa jadi kotor bila ada sifat2 kesukaan padahal yang bernilai dosa. Padahal dosa harus dibenci. Maka jalan terbaik adalah taubat hadis nabi taubat seperti orang yang tidak mengandung dosa. (HR Tabrani). Ibrahim berdoa supaya hati tidak kotor (QS.Asy-Syuara:87-88). Hati yg tajam bisa membedakan mana yang printah mana dilarang. Seperti Ismail as.dapat melihat Bahasa isyarat dari Allah.

4.tidak mnyombongkan diri atas kebaikan yg dilakukan. Yang sombong tfdk tahu faham. sejarah.sabar.itu sifat nabi Ismail. Tapi tidak mengklaim satu-satuya orang yang sabar atau tidak klaim. Paling sabar. Sabar dan tawadhu. Diisyaratkan dgn pakaian ihram dalam haji.

Shalat iedl adha ini Diikuti ratusan warga Muhammadiyah dan warga komplek perumahan qie yah thoyyibah, Leles, Garut.

Pos terkait