Haedar Nashir, ketua umum PP Muhammadiyah, meresmikan Masjid At-Tanwir yang terletak di sekitar Gedung Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah pada Kamis, 11 Maret 2021. Keberadaan Masjid ini diharapkan dapat menebarkan cahaya dalam kehidupan, yang berperadaban.

Mengawali sambutannya, Haedar mengucapkan terima kasih kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang hadir dalam peresmian tersebut.

“Atas nama PP Muhammadiyah kami sampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Menteri BUMN Bapak Erick Thohir yang telah mendukung penuh sehingga masjid ini selesai dibangun,” ucapnya.

Haedar juga berterima kasih negara telah menjalankan perannya untuk memakmurkan masjid dalam bentuk membangun masjid sebagai tempat beribadah umat Islam.

Penamaan At-Tanwir

Masjid At-Tanwir, menurut Haedar merupakan nama yang tergolong baru bagi kalangan Muhammadiyah karena biasanya masjid-masjid Muhammadiyah diberikan nama Masjid Takwa.

“Namun nama tersebut merupakan persambungan dari apa yang digerakkan oleh Kyai Ahmad Dahlan untuk menghadirkan islam sebagai Din At-Tanwir. Yakni agama sebagai cahaya, menerangi, mencerahkan. Mencerahkan kehidupan bangsa umat dan kemanusiaan semesta,” tandasnya.

Haedar menegaskan, semangat pencerahan inilah yang akan terus dilakukan oleh Muhammadiyah. Semangat untuk mencahayai, menerangi umat, bangsa dengan misi islam yang membawa peran dakwah dan pembaharuan.

Masjid pencerah yang didesain ramah lingkungan dan menjadi ikon baru Muhammadiyah ini diharapkan Haedar tidak hanya digunakan untuk urusan ibadah, namun juga mencerahkan pemikiran umat.

“Masjid ini bukan hanya untuk urusan ibadah, tapi juga mencerahkan pemikiran, sikap, tindakan umat dan bangsa secara keseluruhan,” tuturnya.

Haedar menceritakan, pada Tahun 80an ketika dirinya masih berada di Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) kondisi masjid PP Muhammadiyah saat itu masih jadul dan tidak cukup memadai.

“Alhamdulillah pada periode ini kami berazzam kuat agar berdiri masjid yang megah, akhirnya berdiri,” katanya bersyukur.

Haedar juga berharap, pembangunan masjid At-Tanwir ini agar menjadi inspirasi bagi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) untuk membangun masjid dan menjadikannya satu kesatuan dengan gedung PWM sehingga dapat memuat jamaah yang cukup luas.

Dalam peresmian Masjid At-Tanwir tersebut, Haedar mengajak seluruh warga Muhammadiyah untuk menjadikan momentum mencerahkan segala tindakan.

“Jadikan momentum ini untuk mencerahkan qalbu kita, sikap kita, lisan kita, tulisan-tulisan kita, lebih-lebih tulisan kita di sosial media agar kita senantiasa menebar cahaya dalam kehidupan di lingkungan kita,” ujarnya.

Sumber: PWMU.CO